1.
KOMPENSASI
Kompensasi
adalah seluruh imbalan yang diterima karyawan atas hasil kerja karyawan
tersebut pada organisasi. Kompensasi bisa berupa fisik maupun non fisik dan
harus dihitung dan diberikan kepada karyawan sesuai dengan pengorbanan yang
telah diberikannya kepada organisasi / perusahaan tempat ia bekerja.
Kompensasi yang baik akan memberi
beberapa efek positif pada organisasi / perusahaan sebagai berikut di bawah ini
:
a. Mendapatkan
karyawan berkualitas baik
b. Memacu
pekerja untuk bekerja lebih giat dan meraih prestasi gemilang
c. Memikat
pelamar kerja berkualitas dari lowongan kerja yang ada
d. Mudah
dalam pelaksanaan dalam administrasi maupun aspek hukumnya
e. Memiliki
keunggulan lebih dari pesaing / kompetitor
Macam-Macam / Jenis-Jenis Kompensasi
Yang Diberikan Pada Karyawan :
A.
Kompensasi Langsung
Kompensasi
langsung merupakan penghargaan yang diterima karyawan dalam bentuk uang.
Kompensasi langsung dapat berupa upah, gaji, insentif, dan tunjangan-tunjangan
lain. Dessler (1997:85) menjelaskan bahwa: “Kompensasi langsung adalah
pembayaran keuangan langsung dalam bentuk upah, gaji, insentif, komisi dan
bonus”. Sedangkan menurut menurut Nawawi (2005:316):
“Kompensasi
langsung adalah penghargaan atau ganjaran yang disebut gaji atau upah, yang
dibayar secara tetap berdasarkan tenggang waktu yang tetap. Kompensasi langsung
disebut juga upah dasar yakni upah atau gaji tetap yang diterima seorang
pekerja dalam bentuk upah bulanan (salary) atau upah mingguan atau upah tiap jam
dalam bekerja (hourly wage)”.
Kompensasi
langsung yang terdiri dari:
1) Gaji
Definisi
Gaji menurut Hasibuan (1999:133) adalah: :Balas jasa yang dibayar secara
periodik kepada karyawan yang tetap serta mempunyai jaminan yang pasti”.
Simamora (2004:445) dalam bukunya menjelaskan bahwa:
“Upah
(wages) biasanya berhubungan dengan tarif gaji per-jam (semakin lama jam
kerjanya, semakin besar bayarannya). Upah merupakan basis bayaran yang kerap
digunakan bagi pekerja-pekerja produksi dan pemeliharaan (pekerja kerah biru).
Sedangkan gaji (salary)umumnya berlaku untuk tarif bayaran mingguan, bulanan,
dan tahunan (terlepas dari lamanya jam kerja).Pendapat serupa juga diungkapkan
oleh Gitosudarmo (1995:299) yang menyatakan pengertian gaji adalah: “Imbalan
yang diberikan oleh pemberi kerja kepada karyawan, yang penerimaannya bersifat
rutin dan tetap setiap bulan walaupun tidak masuk kerja maka gaji akan tetap
diterima secara penuh”. Selanjutnya Gitosudarmo (1995:230) menyatakan bahwa
untuk merancang imbalan finansial khususnya gaji dapat mempertimbangkan
faktor-faktor seperti:
a) Keadilan
Penggajian
yang dirancang perlu mempertimbangkan azas keadilan. Konsep keadilan dalam hal
ini berkaitan dengan input-income, input atau masukan antara lain meliputi
pengalaman/masa kerja, senioritas , jejang pendidikan, keahlian, beban tugas,
prestasi dan lain sebagainya., sedangkan income/hasil adalah imbalan yang
diperoleh pekerja.
b) Kemampuan Organisasi
Organisasi
jangan memaksakan diri untuk memberikan gaji di luar kemempuannya, karena hal itu
dapat membahayakan organisasi, yang pada gilirannya juga akan merugikan pekerja
itu sendiri.
c) Mengaitkan dengan prestasi
Untuk
bidang tertentu dalam organisasi dimana prestasinya dapat diukur dengan
mengaitkan secara langsung antara gaji dengan prestasi masing-masing pekerja.
d) Peraturan Pemerintah
Penggajian
harus memperhatikan peraturan pemerintah, seperti misalnya ketentuan tentang
Upah Minimum Regional. Idealnya, gaji yang diberikan organisasi di atas
ketentuan pemerintah. Gaji memadai yang diterima oleh pekerja akan menimbulkan
ketentraman dalam bekerja dan mereka tidak akan berperilaku macam-macam.
e) Kompetitif
Penggajian
yang dirancang hendaknya memperhatikan gaji yang dilakukan oleh organisasi lain
dalam industri yang sama. Menentukan tarif yang lebih tinggi dari organisasi
lain yang sejenis akan mampu menarik orang-orang yang berkualitas masuk ke
dalam organisasi, yang pada gilirannya akan meningkatkan laju perkembangan
organisasi.
Pembayaran
gaji yang merupakan wujud kompensasi langsung diharapkan mampu mewujudkan
usaha dalam mempertahankan dan memotivasi karyawan agar bersemangat dalam
bekerja sehingga tujuan perusahaan tercapai.
2) Upah Insentif
Jenis
kompensasi lain yang diberikan kepada karyawan sebagai imbalan atas kerjanya
adalah upah insentif. Perusahaan menetapkan adanya upah insentif untuk
menghubungkan keinginan karyawan akan pendapatan finansial tambahan dengan
kebutuhan organisasi akan peningkatan kualitas dan kuantitas kerjanya. Menurut
Nawawi (1997:317) definisi upah insentif adalah: “Penghargaan atau ganjaran
yang diberikan untuk memotivasi para pekerja agar produktivitas kerjanya
tinggi, sifatnya tidak tetap atau sewaku-waktu”.Sedangkan Manulang (1994:147),
“Insentif merupakan alat motivasi, sarana motivasi, sarana yang memberikan
motif atau sarana menimbulkan dorongan”.
Upah
insentif sebagai bagian dari keuntungan perusahaan terutama sekali diberikan
kepada karyawan yang bekerja secara baik atau berprestasi. Pemberian insentif
ini dimaksudkan perusahaan sebagai upaya untuk memotivasi karyawan yang
berprestasi tetap bekerja di perusahaan.
Ranupandojo
dan Husnan (2002:164) menjelaskan agar insentif bisa berhasil, perlu
diperhatikan hal-hal berikut:
a)
Pembayarannya hendaknya sederhana agar dapat dimengerti dan
dihitung oleh karyawan sendiri
b)
Penghasilan yang diterima buruh hendaknya langsung menaikkan
output dan efisiensi
c)
Pembayaran hendaknya dilakukan secepat mungkin
d)
Standar kerja hendaknya ditentukan dengan hati-hati, standar
kerja yang tinggi ataupun terlalu rendah sama tidak baiknya.
e)
Besarnya upah normal dengan standar kerja per jam hendaknya
cukup merangsang pekerja untuk bekerja lebih giat.
3) Bonus
Jenis
kompensasi lain yang ditetapkan perusahaan adalah berupa pemberian bonus.
Pemberian bonus kepada karyawan ini dimaksudkan untuk meningkatkan
produktifitas kerja dan semangat kerja karyawan. Pengertian bonus menurut
Simamora (2004:522) adalah “Pembayaran sekaligus yang diberikan karena memenuhi
sasaran kinerja”, sedangkan menurut Sarwoto (1991:156), pengertian bonus adalah
:
a) Uang dibayar sebagai balas atas
hasil pekerjaan yang telah dilaksanakan apabila melebihi target.
b) Diberikan secara sekali terima tanpa
sesuatu ikatan di masa yang akan dating.
c) Beberapa persen dari laba yang
kemudian dibagikan kepada yang berhak menerima bonus.
B.
Kompensasi Tidak Langsung
Menurut
Handoko (2001:183), “Kompensasi tidak langsung adalah balas jasa pelengkap atau
tunjangan yang diberikan pada karyawan berdasarkan kemampuan perusahaan”. Jadi
kompensasi tidak langsung merupakan balas jasa yang diberikan dalam bentuk
pelayanan karyawan, karena diperlakukan sebagai upaya penciptaan kondisi dan
lingkungan kerja yang menyenangkan.
Selanjutnya,
Handoko (2001:185) menggolongkan kompensasi tidak langsung menjadi
beberapa bagian yaitu:
1) Pembayaran upah untuk waktu tidak bekerja
(time-off benefit), meliputi:
a) Istirahat on the job, terdiri dari:
(i) Periode Istirahat
(ii) Periode makan
(iii) Periode waktu cuti
(b) Hari-hari sakit
(c) Liburan dan cuti
(d) Alasan lain, misal kehamilan,
kecelakaan, upacara pemakaman.
2) Perlindungan ekonomis terhadap
bahaya,
meliputi:
(a) Jaminan pembayaran upah dalam jumlah
tertentu selama suatu periode
(b) Rencana-rencana pension
(c) Tunjangan hari tua
(d) Tunjangan pengobatan
(e) Pembentukan koperasi atau yayasan
yang mengelola kredit karyawan.
3) Program pelayanan karyawan, meliputi:
a)
Rekreasi
b)
Kafetaria
c)
Perumahan
d)
Beasiswa pendidikan
e)
Fasilitas pembelian
f)
Konseling finansial dan legal
g)
Aneka ragam pelayanan lain.
4) Pembayaran kompensasi yang
ditetapkan secara legal
2. 2.
INSENTIF
Rencana insentif individu bertujuan untuk memberikan penghasilan tambahan selain gaji pokok bagi individu yang dapat mencapai standar prestasi tertentu. Sedangkan insentif akan diberikan kepada kelompok kerja apabila kinerja mereka juga melebihi standar yang telah ditetapkan (Panggabean, 2002 :90-91).
A. Pengertian
a. Menurut
Heidjrahman Ranupandojo dan Suad Husnan (1984 : 1) :Insentif adalah pengupahan
yang memberikan imbalan yang berbeda karena memang prestasi yang
berbeda. Dua orang dengan jabatan yang sama dapat menerima insentif yang
berbeda karena bergantung pada prestasi. Insentif adalah suatu bentuk dorongan
finansial kepada karyawan sebagai balas jasa perusahaan kepada karyawan atas
prestasi karyawan tersebut. Insentif merupakan sejumlahuang yang
di tambahkan pada upah dasar yang di berikan perusahaan kepada karyawan.
b. Menurut
Pangabean (2002 : 93, Insentif adalah kompensasi yang
mengaitkan gaji dengan produktivitas.
Insentif merupakan penghargaan dalam bentuk uang yang diberikan kepada mereka
yang dapat bekerja melampaui standar yang telah ditentukan.
B.
Tujuan
Fungsi utama dari insentif adalah untuk memberikan tanggungjawab dan dorongan kepada karyawan. Insentif menjamin bahwa karyawan akan mengarahkan usahanya untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan tujuan utama pemberian insentif adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja individu maupun kelompok (Panggabean, 2002 : 93).
Fungsi utama dari insentif adalah untuk memberikan tanggungjawab dan dorongan kepada karyawan. Insentif menjamin bahwa karyawan akan mengarahkan usahanya untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan tujuan utama pemberian insentif adalah untuk meningkatkan produktivitas kerja individu maupun kelompok (Panggabean, 2002 : 93).
Secara lebih spesifik tujuan pemberian Insentif dapat dibedakan dua golongan
yaitu:
a. Bagi Perusahaan.
a. Bagi Perusahaan.
Tujuan dari pelaksanaan insentif dalam
perusahaan khususnya dalam kegiatan produksi adalah untuk meningkatkan
produkstivitas kerja karyawan dengan jalan mendorong/merangsang agar karyawan :
1) Bekerja
lebih bersemangat dan cepat.
3) Bekerja
lebih kreatif.
b.
Bagi Karyawan
Dengan adanya pemberian insentif karyawan akan mendapat keuntungan :
Dengan adanya pemberian insentif karyawan akan mendapat keuntungan :
1) Standar
prestasi dapat diukur secara kuantitatif.
2) Standar
prestasi di atas dapat digunakan sebagai dasar pemberian balas jasa yang diukur
dalam bentuk uang.
3) Karyawan
harus lebih giat agar dapat menerima uang lebih besar.
C.
Jenis/Tipe Insentif :
Menurut Manullang (1981:141), tipe insentif ada dua yaitu:
Menurut Manullang (1981:141), tipe insentif ada dua yaitu:
a.
Finansial insentif
Merupakan
dorongan yang bersifat keuangan yang bukan saja meliputi gaji-gaji yang pantas.
Tetapi juga termasuk didalamnya kemungkinan memperoleh bagian dari keuntungan
perusahaan dan soal-soal kesejahteraan yang meliputi pemeliharaan jaminan hari
tua, rekreasi, kesehatan dan lain-lain.
b. Non
finansial insentif.
Ada 2 elemen utama dari non finansial insentif, yaitu :
Ada 2 elemen utama dari non finansial insentif, yaitu :
1.
Keadaan pekerjaan yang
memuaskan yang meliputi tempat kerja, jam kerja, tugas dan rekan kerja.
2.
Sikap pimpinan terhadap
keinginan masing-masing karyawan seperti jaminan pekerjaan, promosi,
keluhan-keluhan, hiburan-hiburan dan hubungan dengan atasan.
D. Proses
pemberian insentif :
1)
Menurut Harsono (1987 : 85)
proses pemberian insentif dapat dibagi menjadi 2, yaitu:
a.
Proses Pemberian Insentif
berdasarkan kelompok
b.
Proses Pemberian Insentif
berdasarkan perorangan
Rencana insentif individu bertujuan untuk memberikan penghasilan tambahan selain gaji pokok bagi individu yang dapat mencapai standar prestasi tertentu. Sedangkan insentif akan diberikan kepada kelompok kerja apabila kinerja mereka juga melebihi standar yang telah ditetapkan (Panggabean, 2002 :90-91).
2)
Menurut Pangabean (2002:91)
Pemberian insentif terhadap kelompok dapat diberikan dengan cara:
1.
Seluruh anggota menerima
pembayaran yang sama dengan yang diterima oleh mereka yang paling tinggi
prestasi kerjanya.
2.
Semua anggota kelompok
menerima pembayaran yang sama dengan pembayaran yang diterima oleh karyawan
yang paling rendah prestasinya.
3.
Semua anggota menerima
pembayaran yang sama dengan rata-rata pembayaran yang diterima oleh kelompok.
3)
Menurut Dessler
(1997:154-157), insentif juga dapat diberikan kepada seluruh organisasi, tidak
hanya berdasarkan insentif individu atau kelompok. Rencana insentif seluruh
organisasi ini antara lain terdiri dari:
a. Profit sharing plan, yaitu
suatu rencana di mana kebanyakan karyawan berbagi laba perusahaan
b. Rencana kepemilikan saham
karyawan, yaitu insentif yang diberikan oleh perusahaan dimana perusahaan
menyumbang saham dari stocknya sendiri kepada orang kepercayaan di mana
sumbangan-sumbangan tambahan dibuat setiap tahun. Orang kepercayaan
mendistribusikan stock kepada karyawan yang mengundurkan diri (pensiun) atau
yang terpisah dari layanan.
c. Rencana Scanlon, yaitu
suatu rencana insentif yang dikembangkan pada tahun 1937 oleh Joseph Scanlon
dan dirancang untuk mendorong kerjasama, keterlibatan dan berbagai tunjangan.
d.
Gainsharing plans, yaitu
rencana insentif yang melibatkan karyawan dalam suatu usaha bersama untuk
mencapai sasaran produktivitas dan pembagian perolehan.
E. Syarat
Pemberian Insentif agar mencapai tujuan dari pemberian insentif
a.
Menurut Panggabean
(2002:92) syarat tersebut adalah:
1.
Sederhana, peraturan dari
sistem insentif harus singkat, jelas dan dapat dimengerti.
2.
Spesifik, karyawan harus
mengetahui dengan tepat apa yang diharapkan untuk mereka lakukan.
3.
Dapat dicapai, setiap
karyawan mempunyai kesempatan yang masuk akal untuk memperoleh sesuatu.
4.
Dapat diukur, sasaran yang
dapat diukur merupakan dasar untuk menentukan rencana insentif. Program dolar
akan sia-sia (dan program evaluasi akan terhambat), jika prestasi tertentu
tidak dapat dikaitkan dengan dolar yang dibelanjakan.
b.
Menurut Heidjrahman
Ranupandojo dan Suad Husnan (1990 : 163) sifat dasar pengupahan agar proses
pemberian insentif berhasil:
a)
Pembayaran hendaknya
sederhana sehingga dapat dimengerti dan dihitung oleh karyawan itu sendiri.
b)
Penghasilan yang diterima
karyawan seharusnya langsung menaikkan output.
c)
Pembayaran dilakukan
secepat mungkin.
d)
Standar kerja ditentukan
dengan hati-hati. Standar kerja yang terlalu tinggi maupun rendah dapat
berakibat buruk.
e)
Besarnya upah normal dengan
standar jam kerja hendaknya cukup merangsang pekerja untuk bekerja lebih giat.
A.
Pengertian
Tunjangan adalah setiap tambahan benefit yang
ditawarkan pada pekerja atau karyawan. Misalnya pemakaian kendaraan perusahaan,
makan siang gratis, bunga pinjaman rendah atau tanpa bunga, jasa kesehatan,
bantuan liburan, dan skema pembelian saham. Pada tingkatan tinggi, seperti manajer
senior, perusahaan biasanya lebih memilih memberikan tunjangan lebih besar
dibanding menambah gaji, hal ini disebabkan tunjangan hanya dikenakan pajak
rendah atau bahkan tidak dikenai pajak sama sekali.
a. Tunjangan merupakan kompensasi tambahan yang bertujuan
untuk mengikat karyawan agar tetap bekerja pada perusahaan (Handoko, 1994).
b. Menurut Simamora (1997) disamping gaji, kompensasi
juga meliputi cakupan tunjangan-tunjangan (benefits).
c. Tunjangan karyawan (employee benefit) adalah
pembayaran-pembayaran dan jasa-jasa yang melindungi dan melengkapi gaji pokok,
dan perusahaan membayar semua atau sebagian dari tunjangan.Tujuan utama dari
tunjangan karyawan adalah untuk membuat karyawan mengabdikan hidupnya pada
organisasi dalam jangka panjang (Flippo, 1990).
d. Arti
lain dari tunjangan yaitu, pembayaran keuangan dan bukan keuangan tidak
langsung yang di terima karyawan untuk kelanjutan pekerjaan mereka dengan
perusahaan. Tunjangan meliputi hal-hal seperti asuransi kesehatan dan asuransi
jiwa, pensiun, cuti yang di bayar, dan fasilitas penitipan anak. Tunjangan
merupakan sebuah pengeluaran besar bagi sebagian besar pengusaha. Tunjangan
karyawan mencapai sepertiga dari upah dan pendapatan ( atau sekitar 28% dari
total gaji ), dengan pembayaran yang di haruskan secara hukum, diikuti oleh
asuransi kesehatan ,adalah biaya pembayaran tunjangan perorangan yang termahal.
Dalam mengembangkan rencana tunjangan, pengusaha
harus memperhatikan sejumlah permasalahan kebijakan. Hal ini meliputi:
tunjangan apa yang akan ditawarkan, apakah akan menyertakan orang yang pensiun
dalam rencana tersebut, apakah akan menolak tunjangan bagi karyawan selama
periode awal “percobaan”, bagaimana menandai tunjangan, derajat pilihan
karyawan dalam menentukan tunjangan, prosedur penahanan biaya, dan bagaimana
menyampaikan pilihan tunjangan kepada karyawan.
Dari beberapa pendapat dapat
disimpulkan bahwa: Tunjangan Karyawan
merupakan pembayaran keuangan tidak
langsung yang diberikan kepada karyawan untuk meningkatkan kesejahteraan
karyawan.
B.
Jenis –jenis Tunjangan
1. Tunjangan
Wajib (Diharuskan oleh Hukum)
Para pemberi kerja memberikan sebagian besar
tunjangan secara sukarela, namun hukum mewajibkan tunjangan-tunjangan lainnya.
Tunjangan-tunjangan tersebut mencakup sekitar 10 persen dari biaya kompensasi
total. Tunjangan-tunjangan tersebut meliputi jaminan sosial, ganti rugi
karyawan, asuransi pengangguran, serta cuti keluarga dan pengobatan.
a. Social
Security Act tahun 1935 menciptakan sebuah sistem tunjangan pensiun. Undang-undang
tersebut juga membentuk social security administration. Para pemberi kerja
diharuskan membagi rata dengan para karyawan biaya asuransi usia lanjut, ahli
waris, dan ketidak mampuan. Asuransi ketidakmampuan (disability insurance)
melindungi para karyawan dari kehilangan penghasilan karena ketidakmampuan
total. Tunjangan ahli waris (survivor’s benefits) diberikan kepada anggota
tertentu dari keluarga karyawan ketika
karyawan yang bersangkutan meninggal dunia. Tunjangan tersebut dibayarkan
kepada janda atau duda dan anak-anak yang belum menikah. Anak-anak yang belum
menikah berhak menerima tunjangan ahli waris hingga berusia 18-19 tahun.
Meskipun para karyawan harus membayarkan sebagian biaya perlindungan jaminan
sosial, pemberi kerja memberikan pendanaan yang sebanding dan menganggap biaya
tersebut sebagai tunjangan.
b. Tunjangan Pengangguran
Asuransi pengangguran bagi para karyawan yang telah
diberhentikan.bukan karena kesalahan mereka diberhentikan. Bayaran diberikan dalam bentuk uang hingga 26 minggu
atau sampai mendapatkan pekerjaan baru. Tujuan bayaran pengguran adalah meberi
karyawan yang menganggur waktu untuk mencari pekerjaan baru sebanding dengan
pekerjaan yang hilang tanpa menanggung kesulitan finansial. Pajak penghasilan
dibayar sepenuhnya oleh pemberi kerja yang mendanai program kompensasi
penggangguran.
c. Tunjangan Karyawan
Tunjangan ganti rugi karyawan memberikan sejumlah
perlindungan finansial bagi para karyawan yang menanggung biaya karena
kecelakaan atau sakit yang berkaitan dengan pekerjaan.
d. Tunjangan
Kesehatan
Tunjangan kesehatan merupakan bagian dari penghasilan
karyawan di luar gaji pokoknya. Saat
ini sudah semakin banyak perusahaan yang memperhatikankesejateraan karyawannya
dengan cara memberikan Tunjangan kesehatan karyawan walau setiap perusahaan
berbeda-beda dalam penerapannya. Family
and Medical Leave Act tahun 1993 (FMLA). FMLA
dikenakan kepada para pemberi
kerja swasta dengan 50 karyawan atau lebih dan para pemberi kerja pemerintah
tanpa memandang jumlahnya. Tujuan umum undang-undang ini adalah membantu
karyawan menyeimbangkan tuntutan pekerjaan tanpa menghambat kemampuan mereka
untuk memberi perhatian pada kebutuhan pribadi dan keluarga. Hak FMLA berlaku
hanya bagi para karyawan yang telah bekerja untuk si pemberi kerja selama
paling sedikit 12 bulan dan yang memiliki sedikitnya 1250 jam kerja selama 12
bulan yang secara langsung mendahului masa dimulainya cuti.
2.
Tunjangan
Tidak Wajib (sukarela)
Meskipun
hukum mewajibkan beberapa tunjangan, organisasi-organisasi secara sukarela
memberikan sejumlah tunjangan lainnya. Tunjangan tersebut biasanya
dihasilkan dari keputusan manajemen unilateral pada beberapa perusahaan dan
dari perundingan tenaga kerja/manajemen pada persuahaan lainnya.
Kategori-kategori utama tunjangan tidak wajib meliputi bayaran saat tidak
bekerja, perawatan kesehatan,
asuransi jiwa, rancangan pensiun, rancangan opsi saham karyawan, tunjangan
tambahan ketika menganggur, dan layanan karyawan.
a.
Bayaran saat tidak
bekerja
Dalam memberikan bayaran saat tidak bekerja, pemberi
kerja menyadari bahwa karyawan membutuhkan waktu untuk meninggalkan sejenak
pekerjaan karena berbagai tujuan. Di bawah ini didiskusikan cuti dibayar, cuti
sakit dan jeda dibayar, cuti panjang, dan bentuk-bentuk lain bayaran saat tidak
bekerja.
b.
Cuti dibayar
Dalam Study Trend tunjangan karyawan terbaru, 64
persen karyawan punya waktu
memilih hari-hari cuti dibayar sebagai tunjangan kompensasi yang penting yang
mereka terima. Cuti tersebut juga
mendorong para karyawan untuk bertahan dengan perusahaan. Waktu cuti dibayar
biasanya meningkat seiring senioritas. Namun, beberapa karyawan tampaknya
memilih untuk tidak mengambil seluruh cuti mereka karena terkadang mereka
merasa tertekan dengan pekerjaan meskipun sedang cuti.
Penyeimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi :
Cuti : Masa
kerja 1 s/d 4 tahun – 10 hari per tahun
Masa kerja 5 s/d 9 tahun – 15 hari
Masa kerja 10 s/d 19 tahun atau usia 60 tahun ke
atas– 20 hari
Masa kerja 20 tahun keatas – 25
hari
c. Cuti
sakit dan jeda dibayar
Banyak perusahaan mengalokasikan kepada setiap
karyawan sejumlah hari cuti sakit yang bisa mereka pergunakan ketika sakit.
Beberapa manajer tidak menyukai program cuti sakit karena terkadang para
karyawan menyalah gunakan
sistem tersebut dengan berpura-pura sakit agar bisa cuti. Salah satu pendekatan
untuk mengatasi masalah absen yang tidak terjadwal adalah dengan memberikan
lebih banyak fleksibilitas yaitu dengan diberikannya jeda dibayar (paid time
off/ PTO) sejumlah hari kosong tertentu yang diberikan setiap tahun di mana
setiap karyawan bisa menggunakannya untuk keperluan apa pun.
d. Cuti
panjang
Cuti panjang adalah cuit sementara dari organisasi,
biasanya dengan bayaran yang dikurangi. Seringkali cuti panjang membantu
mengurangi tingkat perputaran (turnover) karyawan dan menghindari para karyawan
dari kelelahan.
e. Jenis-jenis
lain bayaran saat tidak bekerja
Meskipun cuti dibayar dan cuti sakit mencakup porsi
terbesar bayaran saat tidak bekerja ada banyak jenis lain yang digunakan
perusahaan. Seperti tugas kemasyarakatan, sebagai juri, bertugas untuk angkatan bersenjata
ataupun pada saat tejadi pemilihan umum. Perusahaan akan tetap menggaji
karyawan dengan syarat mereka aktif pada kegiatan tersebut.
f. Perawatan
kesehatan
Tunjangan perawatan kesehatan merupakan item paling
mahal dalam area kompensasi finansial tidak langsung. Sejumlah faktor
berkombinasi menciptakan biaya perawatan kesehatan yang tinggi antara lain:
populasi yang menua, permintaan yang bertambah akan perawatan kesehatan,
semakin mahalnya teknologi kesehatan, dan proses administrasi yang tidak
efisien. Beberapa sistem perawatan kesehatan yang digunakan perusahaan adalah :
1) Organisasi
pengelola perawatan
kesehatan :
perusahaan
menjalin kerjasama dengan pihak rumah sakit beserta para dokternya setelah
menyepakati harga yang harus dibayarkan.
2) Rancangan
perawatan kesehatan inisiatif konsumen :
karyawan pada
posisi terbaik untuk mengetahui apa yang terbaik bagi keluarga mereka. Hal ini
berbeentuk pada pembuatan investasi kesehatan yang diberikan perusahan dalam bentuk
rekening kesehatan.
3)
Perawatan
kesehatan di tempat kerja :
memberikan
perawatan kesehatan di tempat kerja membantu menangani penyakit dan luka ringan
serta memberikan perawatan lanjutan; sehingga akan menekan ongkos kesehatan dan
kunjungan ke rumah sakit.
4)
Tunjangan kesehatan
utama : rancangan untuk menaggung biaya-biaya luar biasa yang timbul dari
masalah kesehatan jangka panjang atau serius. Karyawan harus membayar dulu
tagihan kesehatan sebelum asuransinya mengambil alih pembayaran.
g. Asuransi
jiwa
Asuransi jiwa kelompok adalah tunjangan yang
diberikan oleh hampir semua perusahaan untuk melindungi keluarga karyawan saat
ia meninggal dunia.
h. Rancangan
pensiun
Para pemberi kerja mempunyai tanggung jawab dalam
mempertahankan karyawannya, salah satunya adalah memberikan gaji di masa
pensiun. Adapun jenis-jenis rancangan pensiun antara lain :
1) Rancangan
tunjangan pasti :
rancangan
pensiun yang memberi para pekerja tunjangan tetap pada saat pensiun.
2) Rancangan
pendanaan pasti :
rancangan
pensiun yang membutuhkan pendanaan khusus dari pemberi kerja untuk dana pensiun
atau tabungan yang disiapkan bagi karyawan.
3) Rancangan
401(k) :
rancangan di
mana karyawan bisa menunda penghasilan hingga jumlah maksimum yang diizinkan.
4) Rancangan
saldo kas :
rancangan
pensiun dengan unsur-unsur dari rancangan tunjangan pasti maupun pendanaan
pasti.
5) Rancangan
opsi saham karyawan :
rancangan
pendanaan pasti di mana perusahaan menyumbangkan bagian-bagian saham kepada
dana pensiun. Lembaga tersebut kemudian mengalokasikan saham pada
rekening-rekening karyawan peserta berdasarkan pendapatan karyawan.
i.
Tunjangan tambahan
ketika menganggur :
memberikan
penghasilan tambahan bagi para karyawan yang menerima tunjangan asuransi.
j.
Layanan karyawan :
layanan yang
berisi sejumlah bidang termasuk tunjangan relokasi, perawatan anak, bantuan
pendidikan, layanan makanan/karetaria bersubsidi, layanan keuangan, layanan
hukum, dan beasiswa untuk tanggungan.
k.
Relokasi :
biaya
pengangkutan barang rumah tangga dan biaya hidup sementara yang ditanggung
perusahaan, mencakup seluruh atau sebagian biaya real estat yang berhubungan
dengan pembelian rumah baru dan penjualan rumah yang ditinggali sebelumnya.
l.
Perawatan anak :
layanan
perawatan anak bersubsidi dari perusahaan dengan tujuan meminimalisir
kemangkiran ketidak hadiran dengan alasan merawat anak, memertahankan produktivitas
karyawan, dan meningkatkan kemajuan kaum wanita.
m. Bantuan
pendidikan : perusahaan memberikan bantuan berupa alokasi dana untuk meneruskan
pendidikan dengan minimal nilai C dengan cara memberikan uang muka pendaftaran.
n. Layanan
makanan/kafetaria bersubsidi : dengan adanya layanan ini, perusahaan berharap
adanya balas budu karyawan yaitu dengan peningkatan produktivitas, sedikit
waktu terbuang, dan tenaga kerja yang sehat. Seperti makan siang cuma-cuma yang
diberikan di kantin kantor
o. Layanan
keuangan : salah satu tunjangan finansial yang meningkat popularitasnya
mengizinkan para karyawan untuk membeli beragam jenis polis asuransi melalui
pemotongan gaji.
p. Layanan
hukum : layanan ini sama seperti layanan keuangan, yaitu dengan prosedur
pemotongan gaji.
q.
Beasiswa
untuk tanggungan : beasiswa yang diberikan perusahaan terhadap anak-anak
karyawan dengan tujuan seelah mereka lulus akan masuk bekerja menjadi karyawan
perusahaan tersebut.
r.
Bayaran premium :
kompensasi yang dibayarkan kepada para karyawan untuk bekerja dalam periode
yang panjang atau bekerja dalam kondisi yang berbahaya atau tidak menyenangkan.
C.
Tujuan Diberikan
Tunjangan
Menurut
Simamora (1997) tunjangan digunakan untuk membantu organisasi memenuhi satu
atau lebih dari tujuan-tujuan berikut:
1.
Meningkatkan moral
karyawan
2.
Memotivasi karyawan
3.
Meningkatkan kepuasan
kerja
4.
Memikat
karyawan-karyawan baru
5.
Mengurangi perputaran
karyawan
6.
Menjaga
agar serikat pekerja tidak campur tangan
7.
Meningkatkan
keamanan karyawan
8.
Mempertahankan
posisi yang menguntungkan
9.
Meningkatkan
citra perusahaan dikalangan karyawan
Program tunjangan karyawan haruslah direncanakan secara cermat dan
tujuan-tujuannya disusun dengan teratur
untuk digunakan sebagai pedoman guna menyususn program dalam menentukan
kombinasi tunjangan yang optimal.
Langkah – langkah yang bisa di gunakan antara lain
sebagai berikut :
a. Mengumpulkan data biaya dasar dari semua item
tunjangan
b. Melakukan penelitian seperti seberapa banyak dana yang
tersedia guna mengikuti semua biaya tunjangan untuk periode mendatang.
c. Menentukan preferensi kepada setiap item tunjangan
yakni, preferensi karyawan dan preferesi manajemen.
d. Memutuskan bagaimana kombinasi optimal dari berbagai
tunjangan. Orang yang membuat keputusan secermat mungkin akan mempetimbangkan
berbagai item tunjangan preferensi relatif yang diperlihatkan oleh manajemen
dan para karyawan, perkiraan biaya-biaya setiap item dan total jumlah dana yang
tersedia untuk setiap paket tunjangan.
Pengusaha
umumnya dapat memenuhi harapan pekerja mengenai peningkatan upah serta
pemberian tunjangan dan fasilitas bila pekerja dapat memberikan kontribusi
lebih besar dan sebanding. Pengusaha dapat memberikan tambahan upah dan atau
tunjangan bagi pekerja hanya bila dia yakin bahwa pekerja dapat memberikan
peningkatan produktivitas. Dengan kata lain setiap peningkatan upah dan
tunjangan perlu diikuti dengan peningkatan produktivitas pekerja secara
profesional.
D.
Prinsip-Prinsip
Program Tunjangan
Simamora
(1997) menyatakan, supaya program tunjangan memberikan kontribusi bagi
organisasi, setidak-tidaknya sama dengan biaya yang telah
dikeluarkan bagi program tersebut, terdapat beberpa prinsip umum yang sebaiknya
diterapkan, yaitu :
a. Tunjangan
karyawan haruslah memenuhi kebutuhan nyata.
b. Tunjangan-tunjangan haruslah dibatasi kepada
aktivitas-aktivitas dimana kelompok
lebih efisien dibandingkan individu.
c. Program
tunjangan haruslah bercirikan fleksibilitas yang memadai demi memungkinkan adaptasi
terhadap berbagai kebutuhan-kebutuhan karyawan.
d. Jika perusahaan ingin meraih apresiasi dari penyediaan
jasa-jasa karyawan, perusahaan haruslah melakukan program komunikasi yang
ekstensif dan terencana dengan baik.
Perusahaan dan karyawan pada hakekatnya saling membutuhkan, karyawan
adalah asset perusahaan karena tanpa adanya sumber daya manusia maka perusahaan
tidak akan bisa berjalan, begitu juga karyawan tidak dapat menunjang
kesejahteraan hidupnya tanpa adanya perusahaan sebagai tempat mencari nafkah
sekaligus implementasi dari disiplin ilmu yang mereka miliki sendiri. Maka
karyawan harus diperhatikan kesejahteraannya jangan hanya dituntut kewajibannya
saja dengan berbagai macam beban pekerjaan, begitu pula dengan karyawan yang
jangan hanya menuntut hak mereka tetapi pekerjaan dan tanggung jawab sebagai
karyawan tidak diselesaikan. Namun masih ada perusahaan yang kurang
memperhatikan karyawannya sehingga karyawan menjadi kehilangan motivasi, malas,
dan terkesan tidak baik hasil pekerjaannya. Sehingga mereka beranggapan bahwa
sekeras apa pun mereka bekerja perusahaan tidak mempedulikan mereka, apalagi
untuk memberikan kesejahteraan dan imbalan yang layak untuk mereka.
Untuk memcegah terjadinya tindakan karyawan yang tidak diinginkan oleh
perusahaan, maka tugas manajemen perusahaan yang harus memenuhi tuntutan
karyawan dengan memberikan kesejahteraan yang adil dan bijaksana, semua itu
dilakukan demi terciptanya kesejahteraan karyawan dan kesejahteraan perusahaan.
Karyawan adalah modal utama bagi setiap perusahaan. sebagai modal,
karyawan perlu dikelola agar tetap produktif. Akan tetapi pengelolaan karyawan
bukanlah hal yang mudah, karena mereka mempunyai pikiran, perasaan, status,
keinginan dan latar belakang yang heterogen. Oleh sebab itu perusahaan harus
bisa mendorong mereka agar tetap produktif dalam mengerjakan tugas-tugas dan
tanggung jawabnya masing-masing yaitu dengan memberikan sesuatu yang
menimbulkan kepuasan dalam diri karyawan. sehingga perusahaan dapat membpertahankan
karyawan yang loyalitas dan dedikasi yang tinggi serta memiliki pengalaman dan
potensi dalam bidang pekerjaannya. Karyawan semacam itu merupakan asset utama
yang penting dan salah satu factor penunjang keberhasilan pekerjaan dalam
menjalankan perusahaan.
E.
Etika dalam Pemotongan Tunjangan Pensiunan
Pengusaha
telah mencoba strategi-strategi berikut :
1. Menunda tunjangan
perawatan kesehatan bagi pensiunan, khususnya jika pensiunan menerima tawaran
kerja lain dengan tunjangan yang serupa, bahkan jika pekerjaan itu bersifat
paruh waktu.
2. Membatasi tunjangan
pensiunan bagi pensiunan yang baru dengan menaikkan angka yang dikurangi dari
gaji karyawan, mengurangi perlindungan, atau mengurangi konstribusi pengusaha.
3. Mengganti tunjangan
kesehatan pensiunan agar memakai program perawatan terkelola.
4. Melobi untuk
mengubah hukum/aturan pajak sehingga memungkinkan pengusaha untuk menutup
tunjangan pensiun yang berlebihan dalam mendanai biaya perawatan kesehatan
pensiunan, sehingga menghasilkan pembayaran pensiun lebih rendah kepada para
pensiunan.
izin copy kak
ReplyDeleteKami menawarkan pinjaman dengan persyaratan yang sangat fleksibel Suku bunga kami bervariasi tergantung pada jumlah yang diminta dan jangka waktu penyelesaian Suku bunga kami relatif rendah dan bervariasi antara 1% dan 1,60%. Pilih Personal Loan adalah untuk mendapatkan keuntungan dari suku bunga tetap. Antara 1% dan 1,60% itu tidak berubah selama masa pinjaman Anda Anda yang memilih jumlah dan waktu yang paling sesuai untuk Anda Dengan Personal Loan, Anda dapat meminjam sejumlah € 3.000 hingga € 5.000.000 selama periode 12 sampai 240 bulan
ReplyDeleteKami mendukung pendanaan proyek Anda seperti pembangunan rumah Anda, kantor, peternakan, kami mendukung rencana perjalanan Anda, perusahaan Anda, atau proyek yang Anda butuhkan untuk pendanaan eksternal.
Kami memberikan pinjaman untuk individu: pinjaman pribadi untuk konsumsi, pinjaman immobillier, pelunasan kredit, penebusan utang untuk memenuhi semua utang Anda menjadi satu pinjaman, pinjaman pendidikan bagi siswa, siap membiayai pembelian mobil Anda.
Company:RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS
Address:110 2 Ave SW, Calgary, Alberta, France
Phone/WA:+2348050300854
E-mail:(ramadhanislamiyatloans@gmail.com)
Wow saya tidak percaya ini, Nama saya Diah Lydia dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang agar mudah berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, sehingga banyak kreditur di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda saya meminta pinjaman sekitar 100 juta di atas seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 12 juta tanpa pinjaman, mereka bertanya lagi dan lagi untuk rumah kos, saya membayar hampir 12 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman,
ReplyDeleteTuhan kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman baru yang dulunya dipinjamkan, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada Nyonya Tricia Wilson, dan saya memohon 850 juta, saya pikir dia cerdas dan penipu, tapi Saya mendapat pinjaman saya kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa pagar. Saya sangat senang karena saya telah diselamatkan daripada menjadi miskin.
Jadi saya menyarankan semua penghuni di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
Nyonya Tricia Wilson, melalui e-mail: triciawilsonloanfirm@gmail.com
Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui e-mail: diahlydia73@gmail.com
Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya dan Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera, dan saya merasa bahagia bahwa saya dan keluarga saya lagi. (Amin)
Assalamualaikum Wr. Wb.
ReplyDeleteWhatsApp Only::::{+33753893351}
Email:::::::::{aditya.aulia139@gmail.com}
{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan CREDIT UNION DAYA LESTARI via: {mail:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
Halo,
ReplyDeleteIni untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.
BERITA BAIK!!! BERITA BAIK!!! BERITA BAIK!!!
ReplyDeleteNama saya fatma Saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi tahu semua pencari pinjaman supaya berhati-hati, kerana terdapat penipuan di mana-mana, mereka akan menghantar dokumen perjanjian palsu untuk anda dan mereka akan mengatakan tidak ada bayaran pendahuluan, tetapi mereka adalah orang yang suka bermain, kerana mereka kemudian akan meminta bayaran yuran lesen atau yuran jaminan yuran dan yuran pemindahan, jadi berhati-hati dengan syarikat pinjaman mereka yang curang.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang dari segi kewangan dan terdesak, saya telah tertipu oleh beberapa peminjam dalam talian. Saya hampir kehilangan harapan sehinggalah Tuhan menggunakan kawan saya yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat boleh dipercayai yang dipanggil ibu Theresa, yang memberi pinjaman tanpa jaminan dari USD100,000 dalam masa kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan kadar faedah hanya 2%
Saya sangat terkejut apabila saya menyemak baki akaun bank saya dan mendapati bahawa jumlah yang saya memohon, dihantar terus ke akaun bank saya tanpa sebarang kelewatan.
Kerana saya berjanji bahawa saya akan berkongsi berita baik, supaya orang dapat mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman apa-apa, sila hubungi beliau melalui e-mel sebenar: theresaloancompany@gmail.com dan oleh rahmat Tuhan dia tidak akan pernah mengecewakan anda dalam mendapatkan pinjaman jika anda taat.
Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: feyzilfatma@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbincang mengenai Puan theresa, dia juga mendapat pinjaman baru dari Puan theresa, anda juga boleh menghubunginya melalui e-melnya: martinimarais1986@gmail.com Sekarang, semua yang saya akan lakukan adalah cuba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya hantar terus ke akaun mereka setiap bulan.
Satu perkataan cukup untuk orang bijak
BERITA BAIK!!! BERITA BAIK!!! BERITA BAIK!!!
ReplyDeleteNama saya fatma Saya ingin menggunakan medium ini untuk memberi tahu semua pencari pinjaman supaya berhati-hati, kerana terdapat penipuan di mana-mana, mereka akan menghantar dokumen perjanjian palsu untuk anda dan mereka akan mengatakan tidak ada bayaran pendahuluan, tetapi mereka adalah orang yang suka bermain, kerana mereka kemudian akan meminta bayaran yuran lesen atau yuran jaminan yuran dan yuran pemindahan, jadi berhati-hati dengan syarikat pinjaman mereka yang curang.
Beberapa bulan yang lalu saya tegang dari segi kewangan dan terdesak, saya telah tertipu oleh beberapa peminjam dalam talian. Saya hampir kehilangan harapan sehinggalah Tuhan menggunakan kawan saya yang merujuk saya kepada pemberi pinjaman yang sangat boleh dipercayai yang dipanggil ibu Theresa, yang memberi pinjaman tanpa jaminan dari USD100,000 dalam masa kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dan kadar faedah hanya 2%
Saya sangat terkejut apabila saya menyemak baki akaun bank saya dan mendapati bahawa jumlah yang saya memohon, dihantar terus ke akaun bank saya tanpa sebarang kelewatan.
Kerana saya berjanji bahawa saya akan berkongsi berita baik, supaya orang dapat mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa tekanan. Jadi, jika anda memerlukan pinjaman apa-apa, sila hubungi beliau melalui e-mel sebenar: theresaloancompany@gmail.com dan oleh rahmat Tuhan dia tidak akan pernah mengecewakan anda dalam mendapatkan pinjaman jika anda taat.
Anda juga boleh menghubungi saya di e-mel saya: feyzilfatma@gmail.com dan Sety diperkenalkan dan berbincang mengenai Puan theresa, dia juga mendapat pinjaman baru dari Puan theresa, anda juga boleh menghubunginya melalui e-melnya: martinimarais1986@gmail.com Sekarang, semua yang saya akan lakukan adalah cuba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya hantar terus ke akaun mereka setiap bulan.
Satu perkataan cukup untuk orang bijak
?Halo, saya Nyonya Christy Morris, pemberi pinjaman pribadi memberikan kesempatan pinjaman seumur hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi utang Anda dengan segera atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan komersial Anda? Apakah Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan finansial, yang memiliki utang macet atau butuh uang untuk membayar tagihan, kami memberikan pinjaman dengan bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang dapat dipercaya dan diuntungkan dan akan bersedia menawarkan Anda pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui e-mail di: (christymorrisloanfirm@gmail.com)
ReplyDeleteThanks infonya. Oiya bicara bonus tahunan, banyak loh orang memakai bonus itu untuk foya-foya. Padahal, bonus tahunan bisa dipakai untuk hal-hal yang lebih bermanfaat, bahkan menambah penghasilan. Yuk, cek selengkapnya di sini: Tips manfaatkan bonus akhir tahun
ReplyDeleteHalo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
ReplyDeleteBeberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.
Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)
Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.
Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)
Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman
Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur
Hubungi kami:
ReplyDelete(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
WhatsApp: (+ 44) 7480 729811
Tel .... (+ 44) 7480 729811
Apakah Anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi dan mendesak? Pencarian Anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini karena kami di sini untuk memenuhi kebutuhan keuangan Anda. Jika Anda telah ditolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan dengan alasan apa pun jangan khawatir lagi tentang masalah keuangan Anda karena kami adalah solusi untuk kemalangan finansial Anda. Kami telah menyediakan Miliaran (mata uang berbeda) dalam pinjaman bisnis kepada lebih dari 32.000 pemilik bisnis. Kami menggunakan teknologi risiko yang kami tentukan sendiri untuk memberi Anda pinjaman bisnis yang tepat sehingga Anda dapat tumbuh urusanmu. kami menawarkan pinjaman untuk semua jenis dengan tingkat bunga rendah dan juga jangka waktu untuk membayar kembali pinjaman. Apakah Anda memiliki kredit yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk membayar tagihan? atau Anda merasa perlu memulai bisnis baru? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai karena pendanaan yang buruk? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi dalam spesialisasi apa pun yang akan menguntungkan Anda? ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY bertujuan untuk memberikan layanan keuangan profesional yang sangat baik e_mail: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
PENGUJIAN: Ny. Ria Maulidina
ReplyDeleteNEGARA: Indonesia
CITY: Semarang
MY WHATSAPP NO: +62 821-3272-6590
PINJAMAN PINJAMAN: Rp 500.000.000
BANK: ACCOUNT BCA No: 1750825253
EMAIL: maulidinaria@gmail.com
PERUSAHAAN PINJAMAN: PERUSAHAAN PINJAMAN ROLAND KARINA ELENA
EMAIL: karinarolandloancompany@gmail.com
WHATSAPP NO: +15857083478
NAMA FACEBOOK: karina elena roland
Nama saya MRS RIA MAULIDINA, saya berada dalam kekacauan keuangan, saya tidak punya pilihan selain mencari agen pinjaman online terkemuka yang menyewakan pinjaman kepada yang membutuhkan, tetapi yang saya dapatkan hanyalah sekelompok scammers karena saya percaya pemberi pinjaman kedua yang saya komunikasikan karena keputusasaan saya untuk mendapatkan uang ASAP dan itu membuat saya mengirim kepadanya satu-satunya uang yang saya miliki di bumi dan di surga, mereka terus meminta lebih banyak dan ini membuat saya marah karena saya harus menutup email itu karena saya menyadari omong kosong dan saya tidak repot-repot online untuk mendapatkan bantuan lagi, karena saya tidak percaya lagi. saya menjadi sangat kurus karena kurangnya makanan yang baik dan 2 anak saya usia 5 dan 8 juga tidak terlihat bagus selama periode COVID19 kuncian ini tidak ada perawatan yang layak sebagai akibat dari keuangan, minggu lask saya melihat teman keluarga lama suami saya dan saya mengatakan kepadanya semua yang saya telah lewati dan dia mengatakan satu-satunya cara dia bisa membantu adalah mengarahkan saya ke agen pinjaman yang baik yang juga membantunya dan dia juga menjelaskan bagaimana dia secara finansial turun dan bagaimana dia mendapat dorongan oleh pinjaman ini agen KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY (karinarolandloancompany@gmail.com) yang memberinya pinjaman dengan suku bunga 2% yang terjangkau dan dia lebih lanjut meyakinkan saya bahwa mereka sah dan bukan scammer dan dia juga memberi tahu saya apa yang perlu dilakukan {PERUSAHAAN PROSEDUR ADMINISTRASI} dan dia juga memberi saya alamat email yang bereputasi baik ini dan saya menghubungi mereka seperti yang diinstruksikan dan atas rahmat ALLAH YANG MAHA ESA saya juga diberikan dana pinjaman saya sebesar Rp 500.000.000 dalam waktu 2 jam setelah aplikasi saya dijumlahkan tanpa ada tekanan atau masalah Aku dan inilah sebabnya aku datang ke sini untuk memberikan kesaksian saya dan untuk membiarkan orang tahu bahwa masih ada agen pinjaman nyata dan terkemuka online. hubungi mereka melalui (karinarolandloancompany @ gmail. com) atau melalui +15857083478
PELUANG PINJAMAN !!!!!
ReplyDeleteAnda tidak pernah terlalu muda untuk memulai sebuah kerajaan dan tidak pernah terlalu tua untuk memulai mimpi baru. Sebuah mimpi tidak menjadi kenyataan melalui sihir; itu membutuhkan keringat, tekad dan kerja keras. Dapatkan pinjaman dari kami hari ini untuk membantu Anda memasuki dunia baru kebebasan finansial.Untuk Info lebih lanjut tentang cara mendaftar, Pm me atau Email @: raymondwong@altafinance.org
atau Whatsapp: 1213 433 3059
Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].
ReplyDeleteJadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.
Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.
Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.
Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya